Selasa, 17 Januari 2012

Akuaponik - Fermentasi Lactic Acid


Limbah sayuran sebenarnya bisa langsung diberikan ke ikan atau ternak dengan cara dimasak terlebih dahulu untuk mensterilkan. Untuk memasak diperlukan bahan bakar. Ada cara lain tanpa menggunakan bahan bakar yaitu dengan fermentasi lactic acid.
Limbah sayuran dipotong kecil-kecil (4), setelah itu dimasukkan ke dalam wadah yang kedap udara, karena bakteri lactic acid bersifat anaerop (14). Setelah satu minggu proses fermentasi sudah selesai dan hasilnya bisa diberikan ke ikan ataupun ternak. Kandungan nutrisi dalam tanaman semakin meningkat dengan proses ini.

Apa itu fermentasi lactic acid
Lactid acid adalah hasil sampingan dari proses merubah glukosa menjadi energi. Proses ini terjadi tanpa kehadiran oksigen. Proses yg terjadi tanpa oksigen disebut sebagai fermentasi. Zat lactic acid menghalangi proses oksidasi sehingga jaringan menjadi terawetkan.


Jenis Bakteri Lactic Acid
Kita tahu ada dua macam bakateri yg butuh oksigen (aerob) dan yg tidak butuh oksigen (non aerob). Lactic acid termasuk anaerob. Dan untuk bakteri lactic acid ada dua macam heterotropic dan kita sebut monotropik (lupa lagi namanya). Yang monotropik menghasilkan lactic acid saja, sementara yg heterotropik disamping lactic acid menghasilkan gas CO2 dan metan. Biasanya bakteri heterotropik dipakai dalam pembuatan minuman keras dan untuk memisahkannya dengan memakai proses penyulingan. Bakteri monotropik sering ditemukan di sayuran dan di jaringan jerohan hewan.

Tidak ada komentar: