Rabu, 02 September 2009

Software Gratis Katalog Film

Punya koleksi film sampai ratusan bahkan ribuan di media penyimpanan CD, DVD atau Harddisk dan ingin membuat katalog koleksi tersebut sehingga memudahkan melacak koleksi, dan jika ada teman pinjam bisa dicatat, atau mau buka persewaan dsb. Setelah gogling dan mencoba semua software freeware aku menemukan satu yg cocok dan forumnya selalu update. Dan lagi kalau kita punya list dalam bentuk excel bisa langsung diimport dan untuk detail aktor, sutradara dll. tinggal update dari site seperti imdb. Nama softwarenya Eac Movie Catalog bisa di downlad di http://www.eaxmc.com/. Screeshoot bisa di lihat di bawah.

Ada juga freeware lain namanya ant movie catalog tetapi tampilan terlalu kaku, dan Eaxmc bisa dirubah templatenya. Setelah selesai install lihat database contohnya, dan kalau mau bikin baru tinggal ke menu new database dan taruh di directory terpisah dari directory system (di partisi terpisah) siapa tahu dapat sistem musibah data film yg sudah kita update dengan bersusah payah tidak hilang dalam hitungan menit. Dan secara otomatis akan membuat sub directory seperti di bawah ini.


Database film kita masuk dalam file dengan extension *.mc2 sementara file gambar di subdir Pictures. Databased bisa dikembangkan sampai detail dari aktor sampai film apa saja yg pernah dibintanginya. Jika kita punya file excel supaya memudahkan pencarian minimal adalah judul film dan tahun release. Sebenarnya jika kita cuma punya judul saja sudah bisa, tetapi akan kesulitan jika nanti software menemukan database dengan nama yg sama harus dipih secara manual.
Proses import terlewati maka tinggal mencari detail film nya caranya highlight judul film yg akan kita cari, setelah itu klik edit dan tekan search lalu pilih imdb (en).

Setelah dapat detail film, jika tidak puas dengan covernya tekan serach lagi untuk mencari cover yg lebih besar bisa di Amazon atau Google.
Untuk pengoperasian yg lain tinggal di oprek saja sampai mentok, selamat mengkatalog.

Tidak ada komentar: