Senin, 18 Mei 2009

Serat Paramayoga

Serat Paramayoga adalah kitab karangan Ronggowarsito yg diambil dari berbagai macam kitab dan diurutkan berdasarkan waktu kejadian. Kisah dimulai dari Adam dan Hawa hingga nabi-nabi, setelah itu pararel dengan kisah para dewa hingga masuknya manusia pertama ke tanah jawa. Karena masih dalam bentuk bahasa jawa akan saya coba terjemahkan secara bebas, jadi jika ada kekeliruan dalam menerjemahkan mohon diper-sorry.

Pendahuluan
Kitab Paramayoga menceritakan perjalanan hidup Nabi Adam, sampai dengan keturunan para dewa, dan selanjutnya sampai dengan awal mula tanah Jawa ditinggali oleh manusia.

Isinya diambil dari kitab Jitapsara karangan begawan Palasara di Astina, juga mencuplik dari Pustaka Darya dari Tanah Hidustan, digabungkan dengan kitab Miladuniren dari Najran, juga kita Silsilatulguyup dari Selan, dan juga kitab Musarar sekaligus juga kitab Jus al-Gubet dari Rum, jadi kitab-kitab tersebut diambil sebagian yg ada hubungannya dengan kita Paramayoga saja, juga mengambil berbagai macam hikayat dan riwayat hidup, lalu diurutkan berdasarkan perhitungan tahun Matahari dan Bulan. Urut-urutannya seperti yg tersaji sebagai berikut.

1. NABI ADAM

Cerita dibuka sesuai yg ada di kitab Jitapsara, Nabi Adam atau Sang Hyang Ad-hama setelah mendapat pengampunan dari Tuhan Yg Maha Kuasa, lalu menjadi kalifah di negara Kusniyamalebari merajai hewan-hewan. Yang dimakan hanya yg keluar dari mujizat dan dalam kitab Jitapara disebutkan berasal dari berdoa. Negara Kusniyamalebari ada di tanah Asia sebelah barat laut, di sebelah barat laut Kaspi, sebelah selatan gunung Kaukasus, timur laut Turki Asia yg dimasa akan datang disebut bangsa Eropa tanah Transkaokasi. Di sana Nabi Adam menggunakan perhitungan tahun 2 macam : tahuna Matahari dan tahun Bulan.
Cukup sampai disini dulu kapan-kapan dilanjut, kalau mau ikut menerjemahkan silakan download di sini.
  1. Cover dan Prakata (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13)
  2. Pendahuluan (14, 15)
  3. Nabi Adam
  4. Nabi Sis
  5. Kisah Sayid Anwar atau Sang Hyang Nurcahya
  6. Kisah Sang Hyang Nurrasa
  7. Kisah sang Hyang Wenang
  8. Kisah Sang Hyang Tunggal
  9. Sang Hyang Guru
  10. Kisah Para Dewa
  11. Kehidupan orang di barat Persi
  12. Lahir dan kisah kehidupan Jaka Sengkala atau Ajisaka
  13. Sang Hyang Jagadnata berhadapan dengan Nabi Isa
  14. Perginya Sang Hyang Jagadnata dari tanah Jawa
Update terbaru

Format PDf

1. Bagian 1

2. Bagian 2

3. Bagian 3

Tidak ada komentar: