Selasa, 03 November 2009

Catatan Kecilku Belajar Trading Bagian 1

Warning!!! “Jangan percaya pada apa yang aku tulis,ini hanya luapan keinginan untuk menyimpulkan apa yang telah aku baca dan pelajari. Banyak membaca banyak lupa, sedikit membaca sedikit lupa, jadi kesimpulannya…. Kembali ke web Jangan sampai orang buta menuntun orang buta.”

 image

Trading adalah aktifitas pertaruhan terhadap pergerakan harga baik itu Naik atau Turun. Keuntungan didapat jika, BELI di saat harga rendah dan JUAL di harga lebih tinggi, atau JUAL di saat harga tinggi dan BELI di harga lebih rendah.

Persiapan apa yang diperlukan sebelum trading?

image

Ada 3 (tiga) M yang harus dikuasai :

  1. MONEY, modal untuk trading
  2. METHOD, metode yg dipakai untuk membuat keputusan 3E (Entri, Exit Loss, Exit Profit).
    Di level harga berapa kita beli, dan di harga berapa kita keluar pasar jika harga bergerak tidak sesuai prediksi kita, dan di level berapa kita mengambil profit. Tidak kalah pentingnya berapa jumlah uang yang harus kita pertaruhkan untuk melakukan trading. Secara statistic semakin banyak sample yang diambil semakin akurat hasil yang diinginkan. “Don’t Fight the Trend” kalau indicator Bullish jangan ambil posisi Short, ambillah posisi Long. Kalau kita melawan arus kita bisa terbalik dan tenggelam. Dan “Belilah Nilai” artinya belilah di saat harga dekat dengan Moving Average.
  3. MIND, bagaimana sikap mental kita dalam melakukan perdagangan. Kesombongan merupakan sifat yg sangat mahal, karena kesombongan akan menutupi kita dalam melakukan perbaikan dalam Trading. Karena Pasar mempunyai cara tersendiri untuk menghadapi kesombongan, maka lebih baik rendah hati dan hormatilah dan cintailah pasar. Karena kita tidak dapat mendikte pasar harus bergerak naik atau turun, kita yg harus selaras dengan mau kemana pasar.

imageDISIPLIN mudah dikatakan tetapi sulit dilaksanakan. Jika kalah mumpung masih kecil cepat-cepat keluar dari pasar. Inti dari trading adalah “DISIPLIN”. Disiplin dalam menciptakan aturan baku dalam Trading, Displin mengikuti aturan yang sudah diterapkan, Disiplin dalam masuk pasar jika indikator sudah bilang Go, Disipline keluar Pasar baik itu untuk ambil PROFIT ataupun ambil RUGI. Kenapa harus disiplin karena dalam trading hanya kita yang bisa mengontrol perilaku kita, selama modal masih ada tidak ada yang bisa menghentikan kita melakukan trading.

Semua profesi membutuhkan “Displin”. Ada yang berpendapat harus hilang uang dalam jumlah besar dulu sebelum menguasai prinsip dasar trading. Hal ini sama halnya dengan seorang dokter harus menghilangkan beberapa nyawa dulu, sebelum menjadi ahli dalam bedah usus buntu. Atau kita mahir mengendarai mobil tetapi merusak beberapa mobil.

Memang untuk belajar akan menghabiskan uang dan waktu kita. Maka dari itu selalu buat catatan harian isinya sebelum dan sesudah melakukan trading, sehingga kita belajar dari pengalaman. Rugi bisa menjadi pengalaman berharga hanya jika kita tahu penyebabnya. Kadang Rugi bisa disebabkan oleh sistemnya yang salah atau orangnya yang salah. Jika ragu jangan trading.

“DO IT SAFELY OR NOT AT ALL”

Tidak ada komentar: