Minggu, 30 Oktober 2011

Belajar Trading Bagian-3 Market atau Pasar

Sudah lama nggak nerusin masalah trading mau lanjutin dulu lah. Masih ingat kesatria trading dengan berbekal MONEY, METHOD, dan MIND. Sekarang saya akan membahas pasar (bisa pasar modal, pasar uang atau pasar yang lain). Market atau Pasar mempunyai 3 kecenderungan yaitu:
  1. Trending, harga membentuk trend Naik atau Turun, Bullish atau Bearish
  2. Sideways, harga bergerak di antara support dan resistance
  3. Consolidation, harga bergerak dalam rentang yg rapat seperti bentuk bendera, biasanya setelah itu akan terjadi “Break Out” membentuk trend baru
trend
Kalau kita lihat gambar di atas ada istilah yang harus kita ketahui, biar kalau ngomong sama temen biar agak keren.
Support, adalah tempat dimana “Pembeli” berkumpul, pada level tersebut berapapun yg ditawarkan akan dibeli. Kita bisa membayangkan garis support adalah Lantai
Resistance, adalah tempat dimana “Penjual’ berkumpul, pada level tersebut jika ada penawaran beli akan dipasok terus. Kita bisa membayangkan garis Resistance adalah Langit-langit di atas kita.
Dengan mengetahui karakteristik pasar kita bisa menggunakan metode yang tepat. Metode analisa tehnikal untuk pasar yg sedang trending, jika diaplikasikan ke pasar yg dalam kondisi sideways akan menghasilkan hal yg tidak sesuai harapan.
Cukup sekian dulu besok lagi akan saya bahas mengenai METHOD alam hal ini tehnikal analisis.
Salam Sukses Sehat Selamat Selalu.
image

Tidak ada komentar: