Kamis, 02 Februari 2012

Kebo Carnivalku Mogok

Alkisah sudah beberapa bulan aku memakai kebo carnival diesel tahun 2001 ada lesson learn yg aku dapat:
  1. Kipas Radiator, segera ganti dengan yg jenis baru kalau yg lama belum diganti. Harga part 1,3juta
  2. Alternator, pastikan tidak koplak karena kalau sampai belt nya lepas hampir semua sistem lumpuh. Power steering, pendingin, oli dan lain-laindah. Pengalaman horor air radiator menguap dari kap depan, kemudi berat sekali, batere tidak ngecharge alhasil mesin mati mati gak mau start lagi. Harga part modifikasi tukang dinamo sampai dua kali 250rb + 270rb
  3. KM sudah 5,500 waduh lupa ganti oli, besok nyampai duri aku ganti lah. Harga per liter ????
  4. Spooring, acara wajib karena kemudi sering miring kiri atau miring kanan. Harga 90rb
  5. AC tidak dingin, bersih-bersih AC 500rb dengan cara bongkar plus tambah freon diluar ongkos kalau ada kebocoran.
  6. Central lock, masih sering macet nanti sajalah diperbaiki.
  7. Pulang rumah mobil mogok berkali-kali, dijumper jalan, mogok lagi. Akhirnya gak mau dijumper lagi. Besoknya ganti aki ford ranger bisa jalan langsung meluncur ke bengkel alternator. Setelah dicolok alternator terbaca kurang dari 5 artinya hanya cukup untuk jalan, lampu, AC dan alat lain tidak bisa dipasok. Setelah diperiksa ternyata masalahnya bukan di baterai atau alternator, banyak kabel yg sudah mengelupas yg menyedot daya aki. Biaya cek up dan repair 200rb.
Kebo..kebo...

Tidak ada komentar: