Selasa, 24 Juli 2018

Excel Power Query - Memfilter Data Revisi Terakhir

Akhir akhir ini aku belajar power pivot untuk mengolah data proyek. Rencana untuk setiap proyek bisa mulai dari revisi 0 sampai revisi ke-n, dan nomor revisi terakhir tidak selalu sama bisa 1,2,3 dst. Sudah pusing tujuh keliling bagaimana cara menyelesaian dengan pivot table, sampai menggunakan slicer. Masih tidak ketemu juga.

Akhirnya ketemu dengan tools excel power query dan power pivot yg katanya menjanjikan kecepatan dan kemampuan mengolah data yg besar. Excel menurut saya masih menjadi alat analisa yg luar biasa yg tidak hanya menarik data excel tetapi juga mampu menarik data dari sumber lain seperti txt, web, sql dll.

Sebelum mulai kalau memakai excel 2010 silahkan mendownload gratis add in power query di web microsoft.
Contoh file yg akan kita oprek dan hasil akhirnya seperti di bawah ini:

Bagaimana step by stepnya di postingan yg akan datang saya jabarkan.
Download dulu untuk mengikuti langkahnya di sini
  • Prinsip dasarnya adalah membuat dimensi table dari data yg ada maka kita punya table revisi terakhir.
  • Import data sumber sebagai fact table atau transaksi.
  • Masuk ke tab Power Query gunakan operasi merge. Table revisi terakhir sebagai yg pertama setelah itu table transaksi sebagai yg ke dua. Tipe join adalah left outer, bayangkan table revisi terakhir di kiri dan table transaksi di kanan. Perintahnya adalah gabungkan semua data yg sama dengan data yg ada di kiri (revisi terakhir). ID yg sama adalah dua di highlight semua yaitu Incident dan Revision #. Maka jadilah.
  • Hasil akhirnya sebagai berikut

 Kalau kita hanya butuh data revisi terakhir langkah berhenti di langkah pertama. Tetapi kalau kita ingin tahu semua data di revisi terakhir apa saja ikuti langkahnya sampai selesai. Buka file excel nya dan tunjuk lalu klik kanan edit.
Dalam kasus saya adalah sebagai berikut :


Saya akan membuat analisa dengan power pivot.  Karena kalau kita lihat ada proyek dengan revisi plan yg tidak sama ada yg revisi 0,1,2,3 dst. Saya ingin data dari revisi yg terakhir saja yg di analisa. Maka langkahnya seperti yg dijelaskan di atas. Karena data sudah berupa cross tab tabel maka harus di rubah supaya bisa dianalisa memakai pivot table. Untuk mengatur data supaya bisa di analisa pakai pivot maka kita memakai Power Query untuk menyiapkan data di atas. Kita simpan untuk posting berikutnya "Menyelesaikan masalah umum yg timbul pada data yg tata letaknya salah".

Tidak ada komentar: