Rabu, 27 Mei 2009

Rumah Impianku

Rumah tAMPAK aTAS

Ini adalah harapanku mengenai rumahku. Rumahku harus ada halamannya, baik itu bagian depan dan bagian belakang. Rumahnya kecil saja dan untuk kebutuhan ruangnya diakali dengan meningkat rumah.

Kolam

Kalau menghadap dari dalam rumah ke depan jalan, maka dari kiri ke depan ada kolam selebar 1 meter dan ditutup dengan grating untuk safetynya supaya anak kecil nggak terperosok. Airnya bersirkulasi terus untuk memelihara ikan mas. Jadi jika ada saudara atau teman datang tinggal ambil buat acara barbeque rame-rame (asyik khan). Untuk bagian depan tidak menggunakan tutup grating tetapi kaca tebal, sehingga ikan yg hilir-mudik bisa dilihat.

Tandon Air

Di depan rumah memakai tandon air di dalam tanah. Sumber air kombinasi dari PDAM dan air hujan (sebelum masuk tandon disaring dulu). Di belakang rumah ada tandon air memakai tower, jika ada mati listrik air mengalir menggunakan kekuatan gravitasi. Kincir angin jika angin bertiup kencang digunakan untuk menghisap air dan mensirkulasi air dengan memakai kincir angin.

Penerangan

alat cahaya Kombinasi PLN dan panel surya di pasang di atap rumah dan dibuat rumah accu untuk menyimpan dayanya. Untuk penerangan di siang hari, karena saya berencana tinggal di negara beriklim tropis sedapat mungkin menggunakan energi surya yg gratisan. Diluar dari membuat design rumah dengan memperhitungkan bukaan (jendela), jika dibutuhkan menggunakan alat untuk menyerap dan memantulkan kedalam bangunan (lihat gambar disamping). Kalau belum cukup dibuatkan generator HHO (Hydrogen Hydroxy).

Pendinginan

Bukaan rumah diusahakan semaksimal mungkin, dan juga menggunakan prinsip seperti stack. Udaya panas di dalam rumah dibuang keluar dengan prinsip perbedaan tekanan udara (tekanan udara didalam rumah > tekanan udara di luar rumah).

Ruang Keluarga

Ada ruang keluarga dengan fasilitas home theater menggunakan komputer sebagai playernya. Dan bisa dipakai sebagai studio music untuk anak-anak main music. Dengan memperhatikan peredaman suara sehingga tetangga tidak TBC mendadak alias batuk-batuk.

Sistem buangan air

Sebelum dibuang lemak dijebak di dalam bak kontrol dan secara periodik dibuang. Dan untuk melindungi supaya saluran buangan air tidak kemasukkan binatang seperti tikus dan ular dibuat saringan kasa dari bahan anti karat (stainless steel). Dan juga diberi bola sehingga tidak ada arus balik masuk kembali ke rumah lewat saluran buangan tersebut. Contoh jika banjir air di selokan umum naik maka akan membanjiri rumah lewat saluran buangan tersebut.

air buangan

Tanaman Hydroponic

Di belakang rumah terdapat tanaman hydroponic untuk sayuran dan tanaman buah dalam pot. Untuk penyiraman dilakukan otomatis dengan menggunakan regulator kebutuhan debit air tiap jenis tanaman.

Multimedia

Tiap ruangan dipasang TV LCD dan dilengkapi dengan IP kamera yg menempel di dinding sehingga disamping melihat TV juga bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga yg lain. Juga sebagai alat keamanan untuk memantau siapa saja yg masuk ke rumah. Sebagai otaknya adalah server yg ditaruh di ruangan home theater. Di sana ditaruh backup lagu dan film dengan kapasitas harddisk yg besar. Koneksi internet bisa dilakukan langsung karena TV LCD adalah display untuk sebuah dumb terminal. Dan LCD dibuat touch screen atau bisa menggunakan wireless keyboard dan mouse yg bisa dilipat masuk ke dinding.

Tidak ada komentar: