Minggu, 13 September 2015

Pemangkasan Tanaman Untuk Membentuk Cabang

Tanaman klengkeng pingpong cenderung ramping satu dahan saja. Aku mengira klengkeng dalam pot di rumah punya cabang banyak, ternyata bukan cabang tetapi dahan daun. Ketinggian sudah satu meter, aku potong di tengah antara kulit pohon coklat dan hijau. Dan 4 (empat) daun dari ujung aku potong, karena sesuai prosedurnya cabang akan muncul di daerah ini. Aku tunggu dengan cemas dan di satu minggu berikutnya sudah keluar cabang baru di area daun. Setelah dua minggu penampakan seperti di bawah ini.

Yang muncul kok cuma 3 (tiga) cabang, apa yg salah? Aku pangkas 4 (empat) daun di bawah ujung yg terpotong, ternyata ada yg ketika memangkas KULITNYA IKUT TERKELUPAS. Jangan takut untuk memangkas untuk membentuk cabang baru, ketika ketinggiannya cukup.

Tidak ada komentar: