Kamis, 19 April 2012

Akuaponik - Pengaturan Pembungaan dan Pembuahan

Kemarin sekilas sudah kita bahas apa yg menyebabkan tanaman berpindah dari fase vegetative ke generative. Mari kita belajar dari pertanian di lahan tanah. Pembungaan terjadi jika tanaman dirangsang. Apa saja cara merangsang pertumbuhan bunga:
  1. Stress Air, pada musim kemarau tanaman mengalami stress air, dan menjelang musim hujan bunga muncul. Contoh jeruk memerlukan 3-4 bulan kekeringan untuk induksi bunga. Mangga butuh 2-3 bulan, rambutan 1 bulan. Kondisi kering memacu pertumbuhan generatif, sedang kondisi basah memacu pertumbuhan vegetatif. Apa yg terjadi ketika tanaman diberi stress air. (a) Terjadi hidrolisis pati menjadi gula sederhana sebagai sumber energi untuk pembentukan tunas generatif. (b) terjadi hidrolisis protein menjadi asama amino seperti prolin, tripolin dan phenilalanin yg diduga berperan dalam induksi bunga. (c) terjadi penurunan sistesis protein atau aktifitas hormon giberelin sehingga menginduksi bunga. Stress air berkepanjangan menyebabkan bunga gagal berkembang lebih lanjut.
  2. Ringing/Gridling (pembuangan kulit kayu/ membuat bentuk cincin di pohon) dan strangulasi (melilit batang dengan kawat). Karena terhambatnya transport zat dari pohon ke akar terjadi stress air.
  3. Penggunaan zat pengatur tumbuh. Diapaki zat penghambat tumbuh seperti plakobutrazol.
  4. Pemangkasan. Pemangkasan untuk menjarangkan cabang.
  5. Pemupukan.  Tanaman dengan pupuk nitrogen kebanyakan akan tumbuh lebat dominan vegetatif.
 Cara membuat simulasi stress air pada tanaman:
  1. Pada daerah curah hujan tinggi agak lebih ribet dibandingkan dengan daerah panas. Buat parit disekitar pohon, Tutup dengan plastik pada radius bentangan pohon sehingga air hujan tidak langsung ketanah, melainkan ke parit dan diarahkan ketempat lain.
  2. Pada daerah kering. Sama buat parit dan airi parit dengan air untuk penyiraman tanaman. Stress air dilakukan dengan tidak memberikan air.

Kembali ke Akuaponik. Kita bahas tanaman buah yg umum ditanam secara hidroponik.


TOMAT
Pangkas tunas air dan cabang yg tidak produktif. Pelihara dua cabang saja, dan rambatkan tanaman.
Pada umur 30 hari, cabang produktif tumbuh di ketiak daun, umunya setelah daun ke sepuluh. Cabang produktif ini akan mengeluarkan bakal buah. cabang produktif berikutnya harus dipangkas hingga mencapa tinggi 2 meter. Tiap cabang menyangga 5-6 tandan buah. Setelah dpat 6 tandan buah pucuk tanaman dipotong untuk menghentikan pertumbuhan.





Tidak ada komentar: