Selasa, 10 April 2012

Bermain Dengan Excel untuk Managemen Proyek - Pendahuluan

Excel adalah program spreadsheet yg berisi sel dua dimensi baris dan kolom. Excel tidak didisain untuk database program karena keterbatasan penyimpanan, 256 kolom dan 65,536 baris. Supaya program fungsi excel dan pengolah database lain bisa mengakses data excel sangat disarankan untuk menyusun datanya ke bawah bukan menyamping. Contoh kita punya data progress kalau kita atur menyamping maksimal hanya 256 data yg bisa kita masukkan. Sementara kalau kita atur menurun 65,536 record bisa kita masukkan. Untuk kebanyakan dari kita dan pengalaman pribadi, untuk mempelajari sesuatu dari yg paling ringan dulu, baru yg sulit-sulit. Kenapa begitu? Supaya di dalam diri kita tumbuh kegembiraan karena bisa melakukan hal tersebut.
Target belajar kita membuat gant chart memakai excel yg mirip dengan microsoft project seperti di bawah ini


Keindahan Conditional Formating

 Banyak hal indah yg bisa ditampilkan dengan memakai Conditional Formating salah satunya adalah:
  1. Untuk meng-high light baris atau kolom seperti di bawah ini. Langkah klik kanan di salah satu sel data, setelah itu ketik di formula =mod(row(),2)=0 (artinya bagi angka baris dengan 2 kalau sisa 0 berarti kondisi TRUE jika tidak FALSE. Kalau kondisi TRUE maka highlight sel dengan waarna kuning. Untuk kolom tinggal ganti row dengan column.


  2. Memakai conditional formating untuk membuat gant chart. Caranya klik kanan di sel yg akan dirubah warnanya, lalu conditional formating, masukkan di formula angka 1. Sekarang kalau kita masukkan angka 1 maka sel akan berubah warna
  3. Highlight jika ada pengulangan data dalam satu kolom. Caranya lihat gambar di bawah kan sudah pintar.
  4. Dan lain-lain

Tidak ada komentar: